Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Wamenparekraf Dorong Pelaku UMKM di Sidoarjo Melalui Bimtek Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Produk Ekraf

Selasa, 13 Februari 2024 | Februari 13, 2024 WIB | Last Updated 2024-02-13T04:40:01Z




SIDOARJO - Dalam upaya untuk meningkatkan produk dan pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah era digitalisasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar program Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Produk Ekraf di Sidoarjo, Jawa Timur. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, turut hadir dalam acara Bimtek tersebut dan sempat melihat langsung kondisi perajin serta hasil produksi kerajinan tas dan kulit di Tanggulangin, Sidoarjo.

Dalam kegiatan Bimtek ini, puluhan pelaku UMKM dari berbagai daerah di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya turut serta. Acara ini menghadirkan sejumlah narasumber yang ahli di bidangnya. Angela Tanoesoedibjo menyampaikan optimisme dan keyakinannya bahwa melalui Bimtek ini, produk UMKM di Sidoarjo dapat meningkat dan mampu bersaing di pasar digital.

Wamenparekraf Angela, yang juga merupakan anggota Kabinet Indonesia Maju, tidak hanya memberikan semangat dan masukan kepada pelaku UMKM dalam forum Bimtek, tetapi juga meninjau langsung kondisi perajin tas dan kulit serta showroom penjualan hasil kerajinan di Tanggulangin, Sidoarjo.

"Saya melihat Tanggulangin ini potensinya masih ada ya," kata Angela.

Menurut Angela, omset perajin tas di Tanggulangin, Sidoarjo saat ini kondisinya menurun. Maka itu, hal ini harus banyak diperbaikan, terutama konsistensi kualitas produk. Selain itu, harus bisa memanfaatkan teknologi dan digitalisasi promosi maupun penjualan produk.

"Karena ini eranya digital, kita harus pro aktif tidak bisa hanya menunggu ada pesanan maupun menunggu pameran saja, dan kita sudah mendorongnya ke arah sana," kata dia.

Selain memberikan semangat dan masukan kepada pelaku UMKM, Angela Tanoesoedibjo juga melakukan pembelian sejumlah tas dan hasil kerajinan dari perajin di Pusat Penjualan Tas dan Kulit Intako Tanggulangin, Sidoarjo. Melalui langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat membantu meningkatkan omset penjualan hasil kerajinan tas dan kulit dari para perajin di Tanggulangin-Sidoarjo.(Lk2)


×
Berita Terbaru Update