Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sedekah Bumi, Pemdes Semambung Gelar Pawai Budaya dan Kesenian Ludruk

Sabtu, 14 Oktober 2023 | Oktober 14, 2023 WIB | Last Updated 2023-10-15T01:56:19Z
Acara pawai budaya ini dimulai sejak pukul 1 siang.


Sidoarjo, Lampukuning.com - Dalam rangka ruwat desa atau sedekah bumi, Pemerintah Desa Semambung Kecamatan Jabon, Sidoarjo, menggelar pawai budaya dan pagelaran kesenian ludruk, Sabtu (14/10). Dalam pawai budaya ini, regu dari tiap tiap RT yang ada di Desa Sembung, masing - masing memperagakan tarian tradisional dan kesenian budaya.

Dari pantauan, acara pawai budaya ini dimulai sejak pukul 1 siang Dengan start di ujung desa dan finish di pendopo balai desa. Camat Jabon, Dedi Erwanto memberangkatkan para peserta pawai bidaya ini. Sejumlah tamu undangan dan masyarakat yang hadir, tampak menikmati pagelaran pawai budaya. 

Setiap regu atau tiap RT menampilkan kreasi karnaval masing - masing yang menggunakan kostum adat kolosal, dan kostum adat lainnya.

Tarian tradisional saat kegiatan pawai budaya


Selain ada yang berhias dengan hiasan tradisional, ada juga arak - arakan gunungan hasil bumi keliling desa menuju halaman pendopo balai desa. Diantaranya ada kelompok pedagang, kelompok petani, anak - anak sekolahan dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Kemudian gunungan hasil bumi itu dibagikan kepada masyarakat setelah dilaksanakan doa bersama. Masyarakat meyakini, hasil gunungan tersebut bisa mendatangkan berkah. Sehingga masayarakat rela berjubel dan berebut gunungan hasil bumi tersebut.

Kepala Desa Semambung, Jainuri mengatakan, kegiatan pawai budaya dan ruwat desa ini adalah kegiatan rutin yang sudah menjadi tradisi masyarakat Semambung setiap tahun. Kata dia, bagi masyarakat Semambung, hal itu bisa mendatangkan berkah dan bisa memberikan keselamatan desa dari balak bencana dan musibah.

"Mengingat saat ini lagi musim kemarau panjang, dan mudah - mudahan dengan kegiatan ruwat desa ini, bisa memberikan berkah dan melindungi desa kami dari kekeringan," pungkasnya.(Lk2)
×
Berita Terbaru Update