Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Arus Balik Meningkat, Petugas Mulai Batasi Pemudik Istirahat di Rest Area Tol Surgem 30 Menit

Senin, 15 April 2024 | April 15, 2024 WIB | Last Updated 2024-04-15T12:32:00Z
Volume kendaraan pemudik yang kembali dari arah Malang, Pasuruan, dan Banyuwangi menuju Jakarta dan Jawa Tengah 

Sidoarjo - Arus balik Lebaran 2024 di Tol Surabaya-Gempol (Surgem) menunjukkan peningkatan signifikan. Volume kendaraan pemudik yang kembali dari arah Malang, Pasuruan, dan Banyuwangi menuju Jakarta dan Jawa Tengah melonjak sekitar 15 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Peningkatan ini terlihat di Gerbang Tol Kejapanan, dengan sekitar 2 ribu kendaraan pemudik masuk per jam. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasa. Kondisi ini dikarenakan banyak pemudik yang memilih kembali ke kota asal setelah menghabiskan libur Lebaran di kampung halaman.

Kepala POS PAM KM 753 Tol Surabaya - Gempol, AKP Supriyana mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dan memastikan kelancaran arus lalu lintas, petugas gabungan dari PJR Polda Jatim dan Polresta Sidoarjo memberlakukan pembatasan waktu istirahat di Rest Area KM 753. Pemudik yang ingin istirahat di rest area ini hanya diberi waktu 30 menit.


Kepala POS PAM KM 753 Tol Surabaya - Gempol, AKP Supriyana 

"Kalau pemudik sudah menumpuk, yang sudah beristirahat sekitar 30 menit kami sarankan untuk melanjutkan perjalanan kembali untuk bergantian bagi yang akan beristirahat," katanya, Senin (15/04/24).

Selain pembatasan waktu istirahat, kata dia, petugas juga melakukan berbagai upaya lain untuk mengatasi kemacetan, seperti penambahan personil di lapangan dari berbagai instansi, seperti PJR, Brimob, dan Satlantas, diturunkan untuk membantu mengatur lalu lintas, Sistem buka tutup jalan diterapkan di beberapa titik, seperti di Gerbang Tol Kejapanan dan Porong, untuk mengurai kemacetan.




"Patroli dilakukan di sepanjang tol untuk memantau situasi dan membantu pemudik yang mengalami kendala," terangnya.

Sementara adanya kebijakan ini disambut dengan beragam tanggapan dari para pemudik. Ada yang memaklumi kebijakan ini karena demi kelancaran arus lalu lintas, namun ada juga sebagian yang merasa waktu 30 menit terlalu singkat untuk beristirahat dan memulihkan stamina.(Lk2)
×
Berita Terbaru Update