Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pelajar di Sidoarjo Berhasil Membuat Limbah Putung Rokok Jadi Cairan Pembasmi Nyamuk Elektrik

Kamis, 26 Oktober 2023 | Oktober 26, 2023 WIB | Last Updated 2023-10-26T02:36:20Z


Sidoarjo, Lampukuning.com - Puntung rokok atau limbah rokok yang dibuang ternyata dapat dijadikan bahan yang bermanfaat. Di Sidoarjo, Jawa Timur, empat pelajar dari salah satu sekolah SMA berhasil mengolah limbah rokok menjadi obat pembasmi nyamuk elektrik dan juga serangga, yang aman bagi kesehatan manusia.

Keempat pelajar dari SMA tersebut, yaitu Muhammad Fathan Zain, Muhammad Daffa Adiel, Rasendriya Fauzan, dan Yafi Muhammad Faldin, berhasil menciptakan formulasi cairan pembasmi nyamuk dan serangga, yang disebut sebagai diffuser insektisida dari limbah rokok.

Salah satu pelajar pembuat cairan pembasmi nyamuk, Muhammad Fathan zain mengetakan, untuk bahannya, mereka menggunakan nikotin yang terdapat dalam sisa-sisa puntung rokok atau limbah rokok sebagai bahan baku. Keempat pelajar ini mencampur nikotin dari limbah rokok melalui proses destilasi dengan ekstrak tembakau, cengkeh, dan etanol.

"Kita kumpulkan putung rokoknya untuk mendapatkan nikotinnya," ujar Fathan.

Formulasi baru ini kemudian ditempatkan dalam alat pemanas elektrik yang menggunakan energi listrik. Asap yang dihasilkan dari alat ini dapat digunakan untuk membunuh nyamuk dan serangga tanpa membahayakan kesehatan manusia.

"Karena nikotin itu bisa menjadi pestisida yang bisa membunuh nyamuk itu," ungkap Fathan.

Keempat pelajar SMA ini telah mencapai prestasi luar biasa dengan meraih medali emas dalam ajang lomba Olimpiade Sains Internasional yang diadakan di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. Mereka mengharapkan bahwa inovasi mereka dapat bermanfaat dalam mengatasi masalah nyamuk dan serangga, sambil mendaur ulang limbah rokok.(Lk2)
×
Berita Terbaru Update