Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dampak Cuaca Panas, Harga Cabai Merah di Sidoarjo Makin Pedas Tembus 73 Ribu Rupiah Per Kilogram

Sabtu, 28 Oktober 2023 | Oktober 28, 2023 WIB | Last Updated 2023-10-28T06:25:01Z
Pedagang sayuran di pasar Larangan

Sidoarjo, Lampukuning.com - Cuaca panas yang masih berlangsung hingga saat ini terus berdampak pada harga cabai merah. Hampir setiap hari harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional terus naik hingga mencapai 73 ribu rupiah per kilogram.

Di pasar induk larangan Sidoarjo misalnya, dalam waktu kurang dari sepekan, harga cabai merah premium naik hampir 100 persen. Jika sebelumnya harga cabai merah sekitar 40 ribu per kilogram, saat ini sudah mencapai 73 ribu rupiah per kilogram.

Sementara untuk harga cabai merah biasa mencapai 70 ribu rupiah per kilogram, dari yang sebelumnya berkisar 35 ribu rupiah per kilogram.

Sri Wahyuni, pedagang sayuran di pasar Larangan ini mengaku omset penjualan cabai semenjak sepekan terakhir ini mengalami penurunan. Lantaran harga cabai yang setiap hari terus mengalami kenaikan, berimbas pada kondisi penjualan cabai ke konsumen.

"Ya untuk omset penjualan menurun, sudah dua hari harga cabai naik menjadi 70 ribu, sedangkan untuk cabai merah petik 73 ribu," ujarnya.

Menurutnya, faktor kenaikan harga cabai yang terus naik hingga tembus 73 ribu rupiah ini dipengaruhi oleh cuaca panas yang cukup ekstrem sejak beberapa bulan terakhir ini. Sehingga hal tersebut, berdampak pada pasokan dan harga cabai dari para petani.

"Mungkin faktornya karena cuaca panas ini mas, belum ada hujan," terang Sri.

Hal yang sama juga dialami Emi, pedagang sayuran asli Sidoarjo ini mengaku beberapa hari ini omset penjualan cabai agak menurun lantaran harga cabai terus mengalami kenaikan hingga 70 ribu. Sementara untuk cabai besar masih di harga 35 ribu rupiah per kilogramnya.

Menurut Emi, faktor kenaikan harga cabai ini dipicuh dari sejumlah petani cabai yang mengalami gagal panen yang diakibatkan oleh kemarau panjang. Sehingga berdampak juga pada penurunan pasokan cabai ke sejumlah pasar tradisional.

"Kemungkinan faktor dari banyak petani yang gagal panen, sehingga pasokan cabai juga menurun," ujar Emi.

Para pedagang hanya bisa berharap, kondisi saat ini bisa segera teratasi. Harga cabai kembali normal dan omset penjualan kembali normal seperti semula.(Lk2)
×
Berita Terbaru Update