Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ciptakan Pasta Gigi dari Limbah Cangkang Udang, 4 pelajar SMA di Sidoarjo Menang Lomba Sains Olimpiade World Young Invention and Innovation Award 2023

Selasa, 17 Oktober 2023 | Oktober 17, 2023 WIB | Last Updated 2023-10-17T13:01:07Z
4 pelajar SMA yang berhasil membuat pasta gigi dari limbah cangkang udang

Sidoarjo, Lampukuning.com - Manfaatkan limbah cangkang udang untuk pembuatan pasta gigi, 4 pelajar sebuah sekolah SMA Islam di Sidoarjo, Jawa Timur berhasil raih gold medal dalam ajang internasional world young invention and innovation award 2023 yang digelar di Yogjakarta beberapa waktu lalu.

Temuan ini terwujud dari hasil kreasi 4 pelajar SMA yang berhasil membuat pasta gigi dari limbah cangkang udang. 4 pelajar dari SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo masing-masing Hardian Adinata Makarim, Khoirunnisa Adila, Alvinajmi Arianto dan Syarifal Aflah berhasil mengolah limbah cangkang udang dengan bahan kemiri dan cengkeh menjadi pasta gigi.

Awalnya limbah cangkang udang ini diproses terlebih dahulu melalui pemanasan basa dan asam. Setelah limbah cangkang udang sudah jadi menjadi bentuk seperti kristal, kemudian diaduk bersama dengan ekstrasi minyak kemiri serta cengkeh yang melalui proses destilasi telebih dahulu, untuk kemudian diolah menjadi bentuk pasta.

Setelah melalui proses pengujian, pasta gigi hasil kreasi dari limbah cangkang udang ini dinyatakan aman dan layak digunakan.

"Produk kita ini menggunakan kearifan lokal, karena di Sidoarjo ini banyak penghasil udangnya dan mengola limbah cangkangnya menjadi pasta," kata Hardian Adinata, pelajar berprestasi.

Kepala Sekolah Muhammadiyah 2 Sidoarjo, M Zainul Arifin berencana akan mempatenkan hasil produk kreasi pelajar sekolah ini. Termasuk mengurus semua kelengkapan dan keperluan produk supaya menjadi karya pelajar di sekolah ini yang bisa menjadi bernilai dan bisa dikembangkan untuk kedepannya.

"Kami akan mempatenkan karya 4 pelajar ini, dan segera mengurus keperluannya," terang Zainul.

Sementara dalam lomba sains olimpiade world young invention and innovation award 2023, 4 pelajar berprestasi asal Sidoarjo ini berhasil menyisihkan 343 team dari 17 negara yang ikut berpartisipasi dalam lomba itu, diantaranya dari Malaysia, Puerto Rico, Saudi Arabia hingga Kanada.(Lk2)
×
Berita Terbaru Update