Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hobi Ternak Iguana, Pria di Sidoarjo Berhasil Raup Cuan Juta Rupiah

Selasa, 02 Januari 2024 | Januari 02, 2024 WIB | Last Updated 2024-01-02T02:42:57Z


Sidoarjo - Bagi anda yang ingin memulai di tahun 2024 ini dengan memilih hobi yang bisa mendatangkan cuan, mungkin breeding atau ternak iguana bisa menjadi pilihan alternatif. Seperti yang telah digeluti Akbar Halim, 32 tahun lelaki tambun asal Sidoarjo, Jawa Timur ini, miliki hobi koleksi satwa iguana dan berhasil mengembang biakan satwa tersebut.

Tak sekedar bisa jadi hobi semata, dengan berbekal hobi unik yang dipelajari secara otodidak ini, ia mampu datangkan cuan hingga puluhan juta rupiah. Yang dari awalnya hanya memiliki iguana sepasang, sejak 5 tahun terakhir ini, koleksi iguananya telah beranak pinak dan menjadi 200-an ekor.

Dengan menempati di sebuah workshop, tepatnya di Jalan Sawunggaling Empat RT 09 RW 01 Desa Jemundo Kecamatan Taman, Sidoarjo, Jawa Timur, Akbar Halim mulai menggeluti hobinya beternak iguana. Ia menceritakan, dari awalnya ia memiliki satu ekor iguana, kemudian sepasang, hingga saat ini 200-an ekor iguana, yang terdiri dari indukan dan juga puluhan lainnya yang masih baby iguana, berhasil diternak, dengan model selektif iguana.

Menurutnya, tak hanya satu warna dominan saja yang berhasil diternaknya, namun beragam jenis dari mulai red iguana, blue iguana, green iguana hingga albino berhasil dikembang biakkan dan mampu bernilai ekonomis cuan hingga puluhan juta rupiah.

"Kalau ngomongin harga, semua itu relatif, karena hobi itu tidak ada standar jualnya," kata Akbar.

Akbar mengatakan, ternak iguananya memiliki rate harga dari mulai 350 ribu rupiah hingga 6,5 juta rupiah untuk satu ekor iguana. Ia juga mengakui di tempatnya indukan dan asal usul iguananya jelas. Tak hanya itu, motif pada badan iguana juga mempengaruhi rate harga, karena keunikannya.

"Tentunya kualitasnya beraneka ragam, bermacam - macam juga, tidak semuanya sama rata gitu," terangnya.

Ternak iguana diakuinya, merupakan cara hasilkan cuan dari hobi yang kemudian dibayar cuan berlebih. Tak perlukan keahlian khusus, hanya perlu konsisten dan mau belajar tentang ternak iguana yang baik dan benar, siapapun juga bisa beternak iguana di rumahnya.

Jadi bagi anda yang masih bingung, resolusi tahun 2024 ini akan melakukan apa agar bisa tetap cuan dari hobi yang dimiliki, patutnya ternak iguana ini bisa jadi referensi menarik yang bisa dicoba.
×
Berita Terbaru Update