Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pengusaha Pentol di Kecamatan Krembung Sidoarjo ini Pekerjakan Penyandang Disabilitas dan Mantan Preman

Kamis, 24 Agustus 2023 | Agustus 24, 2023 WIB | Last Updated 2023-08-24T00:24:45Z
Aktifitas pabrik pentol Maju Mapan di Desa Tanjegwagir

Sidoarjo, Lampukuning.com – Aktifitas pabrik pentol Maju Mapan di Desa Tanjegwagir, Kecamatan Krembung layaknya pabrik lain. Semua karyawan giat menuntaskan pekerjaan masing-masing. Yang spesial, diantara seratusan karyawan terdapat penyandang disabilitas dan matan preman.


Sang pemilik usaha, M Abi Khoirul Rizal (40) mengatakan, terdapat tiga penyandang disabilitas dan sepuluh mantan preman. “Tiga penyandang disabilitas tersebut merupakan warga Desa Tanjegwagir. Semua orang harus memiliki kesempatan yang sama termasuk dalam hal kerja, karena kondisi mereka  merupakan anugerah Gusti,” tutur nya, Rabu (23/8/2023).


Ia merasa salut karena ketiga pekerja spesial tersebut mempunyai etos kerja yang sangat bagus. “Bahkan lebih giat dan disiplin dari pekerja yang lain,” tegas Abi.


Sementara itu, perekrutan mantan preman bukan tanpa alasan. “Dulu di desa sini banyak pemuda mabuk. Nah, dari mereka awalnya hanya satu yang bekerja di sini namun terus bertambah sampai sepuluh orang,” terangnya.


Kesepuluh mantan preman tidak hanya berasal dari desanya namun juga diambil dari luar desa. “Salah satu dari mereka merupakan mantan perampok. Ahamdulillah sekarang mereka bisa bekerja di sini mencukupi kebutuhan keluarga dengan cara yang baik. Kami juga terus memberikan siraman keagamaan biar mereka terus istiqomah,” ucap Abi.


Salah satunya adalah M Cahyono. “Saya dulu di Bungurasih. Bahkan sejak SMP saya sudah di sana,” kenangnya. Ia merasa bersyukur bisa bekerja di sini. Ia juga mengaku sangat kerasan bekerja di pabrik pentol ini.


Abi sendiri awalnya adalah pekerja di pabrik olahan makanan di Pasuruan. Ia lalu memutuskan keluar dan memulai usaha pentol rumahan di tahun 2014 lalu. Ia mengaku bersyukur bisa mempekerjakan penyandang disabilitas dan mantan preman diantara seratusan pekerja yang mayoritas berasal dari desa setempat. (LK-7)

×
Berita Terbaru Update