Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jembatan Kali Glidik Penghubung Kabupaten Lumajang Dengan Malang Sudah Bisa Dilalui

Jumat, 03 November 2023 | November 03, 2023 WIB | Last Updated 2023-11-02T23:22:04Z

Jembatan Kali Glidik II, yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, telah selesai direkonstruksi. (Foto : ist)


LUMAJANG - Jembatan Kali Glidik II, yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, telah selesai direkonstruksi dan dibuka pada Kamis, 2 November 2023. Akibatnya, mobilitas masyarakat kembali normal.


Nugraha Yudha Mudiarto, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, menyatakan bahwa masyarakat sekarang dapat menggunakan jembatan penghubung antara dua kabupaten ini dengan lancar. Dia juga berharap bahwa aktivitas masyarakat yang terhambat oleh akses jembatan dapat kembali normal.


"Mulai hari ini sudah bisa dilewati dengan lancar, tentu saja jembatan ini sangat penting, terutama karena menghubungkan dua kabupaten, yaitu Lumajang dan Malang," kata Yudha.


Selain itu, Yudha menjelaskan bahwa jembatan dengan panjang 45 meter ini dibangun oleh Tim Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa-Bali, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Jawa Timur. Jembatan Glidik 2 mengalami kerusakan karena terkena lahar dingin dari Gunung Semeru pada tanggal 7 Juli 2023.


Proses rekonstruksi jembatan berjalan relatif cepat, bahkan selesai lebih cepat dari target yang ditetapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, yaitu 4 bulan. Pemerintah melakukan percepatan pembangunan jembatan dengan pendekatan pembangunan dari dua arah, yaitu dari Lumajang dan dari Malang.


Meskipun lokasinya sama, pembangunan jembatan melibatkan penguatan pondasi untuk menjaga agar tahan terhadap aliran lahar dingin dari Gunung Semeru.(Lk)

×
Berita Terbaru Update