Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Isi Libur Akhir Pekan, Pecinta Motor Scooter Tua Keliling Kota Sidoarjo Sambil Baksos

Sabtu, 29 Oktober 2022 | Oktober 29, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-29T11:40:20Z
Puluhan pecinta scooter Sidoarjo keliling kota

Sidoarjo (Lampukuning.com) - Berlibur akhir pekan keliling kota dengan menggunakan motor mungkin sudah biasa. Namun bagaimana rasanya jika berlibur keliling kota dengan scooter, motor tua yang kini banyak dicari pecinta motor.

Meski tergolong motor tua, namun keberadaan scooter kini kembali banyak dicari pecinta motor.  Motor yang pernah melejit di era tahun 70an ini kini kembali marak di sejumlah daerah.

Kusumo Wahyu salah satu Pecinta Scooter di Sidoarjo

Biasanya, motor tua yang suara mesinnya mirip dengan suara mesin bajaj ini sering ditemui di kawasan kota saat libur akhir pekan. Seperti di Sidoarjo, Jawa Timur, sejumlah pemotor yang merupakan penghobby motor scooter ini biasanya keliling kota sambil menikmati perjalanan di dalam Kota Sidoarjo.

Karena tergolong motor tua, ancaman mogok menghantui pemotor scooter saat berkendara di jalan. Namun meski demikian, pemotor scooter ini justru bisa menikmati keliling kota dengan motor scooter, karena memang laju scooter ini tidak bisa cepat seperti laju motor pada umumnya.

"Kalau kita liat scooter ini seninya banyak, semakin tua kita harus bisa semakin merawatnya," ujar Kusumo Wahyu, pecinta scooter.

Puluhan pecinta scooter melakukan pemanasan mesin

Bagi para pecinta scooter, penggunaan motor scooter yang menggunakan sistem kopling dan gigi perseneling di tangan bagian kiri, membuat sensasi tersendiri bagi siapapun yang mengendarai scooter.

"Ada sensasi tersendiri saat mengendarainya," ujar kusumo.

Pemotor scooter ini biasanya menikmati libur akhir pekan dengan berkendara keliling kota bersama sesama pecinta scooter. Seperti komunitas sepedaan scooter muter sak senenge atau disingkat sms, yang selalu melakukan aksi keliling kota setiap libur akhir pekan. Hampir setiap ada kesempatan libur akhir pekan, anggota komunitas scooter di Sidoarjo ini keliling kota menikmati suasana kota Sidoarjo.

Tidak jarang para anggota komunitas scooter ini patungan untuk melakukan aksi bakti sosial dengan berbagi paket sembako kepada warga di pinggiran Kota Sidoarjo. Sambil rekreasi berkeliling kota dengan menggunakan scooter, mereka berbagi sembako di titik kumpul yang ditentukan.

Puluhan pecinta scooter baksos bagi sembako

Hal yang sama juga diungkapkan Andrian yang juga salah satu pecinta scooter di Sidoarjo. Menurutnya, mereka para pecinta motor scooter mengaku senang berkendara scooter. Karena selain unik dan banyak cerita saat berkendara, ada kebanggaan tersendiri bisa menyimpan motor kuno ditengah maraknya motor matic seperti saat ini.

"Ada seni tersendiri untuk mengendarai scooter ini," kata Andrian.

Karena banyak dicari oleh penghobby scooter, meski tergolong motor tua namun harga jual motor scooter saat ini naik hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari tahun produksi scooter yang dijual.(Lk2)
×
Berita Terbaru Update